Langsung ke konten utama

KIAT BELAJAR EFEKTIF

TIPS DAN TRIK CARA BELAJAR YANG BAIK UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIOANAL

1. Belajar Kelompok

Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar yang lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang tua dewasa atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Dalam belajar kelompok sebaiknya membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok besar baik yang sudah dijelaskan oleh guru maupun yang belum dijelaskan oleh guru.

2. Rajin Membuat Catatan Inti Sari Pelajaran

Bagian – bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan dikertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana, sehingga dapat dibaca dimanapun berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karen a dapat merugikan sendiri.

3. Membuat Berencanaan yang Baik

Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Ada baiknya membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang dilakukan sudah maksimal atau masih perlu ditingkatkan. Sesuaikan target yang pencapaian dengan kemampuan yang dimiliki. Paling tidak harus terukur standar minimalnya diatas standar yang dibuat oleh pemerintah. INGAT ! Rencana yang gagal sama dengan merencanakan kegagalan.

4. Disiplin Dalam Belajar

Apabila membuat jadwal maka harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Contohnya; belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main atau sambil nonton tv. Jika waktu makan, mandi, ibadah dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum selesai.

5. Jangan mencontek dalam mengerjakan ulangan dan ujian

Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan tau ujian. Kebohongan bagaimanapun tidak dapat ditutup-tutupi terus menerus dan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya.

CARA MENGIKUTI PELAJARAN DI KELAS

Agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik paling tidak ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu : menyiapkan diri sebelum mengikuti pelajaran, cara mencatat pelajaran, dan cara menggunakan catatan pelajaran.

A. Cara Mempersiapkan diri Sebelum Mengikuti Pelajaran

1. Persiapkan catatan buku dan alat tulis menulis sebelumnya

2. Bacalah dulu bahan pelajaran pada malam hari sebelum pelajaran tersebut diberkan

3. Buatlah catatan yang lalu agar dapat menguasai pelajaran

4. Susunlah pertanyaan untuk materi pelajaran yang belum jelas

5. Datanglah ke sekolah lebih awal. Daripada terlambat lebih baik menunggu sambil mempersiapkan pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.

B. Cara Mencatat Pelajaran di Kelas

1. Pusatkan perhatian pada materi yang sedang diberikan dikelas

2. Tidak melakukan kegiatan yang dapat mengacaukan perhatian, seperti berbicara dengan teman pada saat guru menerangkan dan membaca cerita

3. Buatlah catatan dalam buku yang terpisah untuk masing-masing mata pelajaran

4. Cantumkan tanggal saat materi tersebut disampaikan oleh guru

5. Gunakan singkatan=singkatan atau simbul-simbul yang digunakan untuk menyingkat waktu. Contoh ;

Kata yang disingkat “ yg”

Kata sehingga disingkat “shg”

Kata oleh karena itu disingkat “ Oki”

Kata karena disingkat “krn”

Kata lawan ditulis “ X” dst

6. Tidak mencatat kata demi kata, kecuali untuk materi yang berupa kutipan.

7. Berikan tanda tertentu pada hal-hal yang penting dengan menggunakan tinta berwarna atau stabilo.

8. Tulislah dengan kata yang benar dan jelas sehingga mudah dibaca.

C. Cara menggunakan catatan

1. Segeralah pindahkan catatan kedalam buku catatan. Apabila tidak segera menyempurnakannya kemungkinan akan lupa

2. Lengkapilah catatan pelajaran secara teratur, jika membuat ringkasan berati telah melakukan kegiatan belajar, sehingga menambah pemahaman terhadap materi pelajaran.

3. Buat keterangan-keterangan pada ringkasan dengan menggunakan bahasa sendiri.

Selamat mencoba semoga sukses !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pilih Prodi

Tugas Individu : 1. Bayangkan dan Tulislah bahwa Lima tahun ke depan Kalian ada di Lima Instansi Besar untuk bekerja disana ! 2. Setelah menulis 5 Instansi tempat kerja kalian. Program studi apa yang akan kalian pilih dalam kuliah ! 3. Universitas apakah yang kalian minati? Jawaban ditulis dalam kolom komentar ?

Tips Mengatur Waktu yang Efektif dan Efisien

Semua orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap harinya. Dalam satu minggu kita menghabiskan 168 jam. Setengah dari waktu yang kita gunakan habis karena empat hal, yaitu: tidur, makan, bergaul dan hubungan interpersonal. Sering kali ditemui bahwa banyak SISWA yang masih belum dapat mengatur waktu dengan cara efisien sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal yang tentunya sangat penuh dengan aktivitas dan juga kegiatan belajar. Masalah yang muncul dalam mengatur waktu adalah jika setiap hari kita memiliki kegiatan dan sulit untuk dikontrol, maka masalah akan muncul. Masalah yang muncul tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perencanaan yang tidak terorganisasi, tidak jelas, melenceng, tidak konsisten, tidak ada tujuan, dan kurang efektif dalam menggunakan waktu. Akan sangat membantu jika kita menuliskan beberapa masalah yang muncul dalam pengaturan waktu. Ada beberapa tips atau strategi yang dapat membantu mahasiswa dalam mengatur waktunya agar le